Ikan Guppy


Ikan Guppy, ikan seribu, ikan cere, ikan Suwadakar atau dalam bahasa ilmiah disebut Poecilia reticulata adalah salah satu spesies ikan hias air tawar yang paling populer di dunia. Ikan ini mudah dalam menyesuaikan diri dan beranak-pinah. Di Indonesia ikan ini telah menjadi ikan liar yang memenuhi parit-parit dan selokan. Dalam perdagangan ikan hias dikenal sebagai guppy atau juga millionfish, di berbagai daerah ikan ini juga dikenal dengan aneka nama lokal seperti gepi (Btw.), bungkreung (Sd.), cethul atau cithul (Jw.), klataw (Bjn), dan lain-lain.

Ciri utama ikan ini yakni selalu bergerombol, maka tak heran ikan ini juga disebut millionfish atau ikan jutaan, ikan air tawar yang hidup selalu berkelompok seperti orang lagi pada arisan.
Penyebaran Ikan Guppy
Ikan Guppy adalah ikan asli Amerika Tengah dan Selatan, menyebar di Kep. Barbados, Trinidad dan Tobago, Guyana, Antillen Belanda, Kep. Virgin, Brazilia, dan Venezuela. Melalui jalur perdagangan dan sebagainya, ikan ini telah dibawa ke berbagai tempat di semua benua di dunia kecuali Antartika, tetapi kemudian meliar di perairan-perairan bebas.

Guppy dimasukkan ke Indonesia sebagai ikan akuarium pada sekitar tahun 1920an, namun kemudian terlepas atau dilepaskan ke perairan bebas. Agaknya ikan ini semula diharapkan dapat membasmi larva nyamuk di alam untuk mengendalikan penyakit malaria, akan tetapi tidak berhasil. Ikan guppy di akuarium dapat mencapai panjang 60 mm, namun di alam kebanyakan hanya tumbuh hingga sekitar 35 mm saja dan ukuran ini terlalu kecil untuk memangsa jentik-jentik nyamuk.

Karena keperidiannya, guppy cepat berkembangbiak dan merambah ke aneka perairan bebas di dunia. Pada tahun 1929 tercatat bahwa ikan ini dapat ditemukan di hampir semua kolam dan parit di Jawa Barat. Sekarang ikan ini telah meluas ke berbagai tempat di Nusantara, dan mungkin menjadi ikan yang paling melimpah di Jawa dan Bali.

Ikan Guppy atau disebut juga ikan Cupang pada umumnya terdiri dari berbagai macam jenis varietas, yaitu:
1. Albino Guppy

Red Albino

Albino HB Yellow Glass Belly


2. Snake Skin Guppy

Snake Skin Guppy

3.  Solid Guppy


Solid Guppy


Sekian, terimakasih atas kunjungannya, salam nyeloteh ikan
Sumber : http://wikipedia.org dan http://youtube.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih atas komentarnya.

Ada kesalahan di dalam gadget ini