Ikan Arapaima


Ikan Arapaima
Arapaima


Seorang penyelam tangki dengan ikan Arapaima dewasa di akuarium di Manaus, Brasil. Dikenal sebagai pirarucu di Brazil dan paiche di Peru, Amerika Selatan raksasa ini adalah salah satu ikan air tawar terbesar di dunia. Beberapa mencapai panjang lebih dari 10 kaki (3 meter) dan berat ke atas dari 400 pon (180 kilogram). Ikan Arapaima merupakan ikan yang bernapas bahwa lapisan sungai-sungai hutan hujan di Amerika Selatan Amazon Basin dan danau di dekatnya dan rawa. Salah satu ikan air tawar terbesar di dunia, raksasa-raksasa ini bisa mencapai 9 kaki (2,75 meter) dan berat sampai  440 pounds (200 kilogram). Mereka memiliki lebar bersisik, tubuh abu-abu dan kepala meruncing.


Arapaima Gigas


Meskipun arapaimas dapat bertahan dalam air selama 10 sampai 20 menit, mereka cenderung untuk tetap dekat permukaan air, di mana mereka berburu dan muncul sering untuk bernafas dengan suara batuk yang khas. Mereka bertahan hidup terutama pada ikan tetapi sesekali memangsa burung yang berada di permukaan air. Kedekatan Arapaima untuk permukaan air membuatnya rentan terhadap predator manusia, yang dengan mudah dapat menargetkan mereka menggunakan tombak. Beberapa komunitas adat mengkonsumsi daging Arapaima dan mengoleksi lidahnya dalam skala besar, yang dibentuk menjadi perhiasan atau bentuk lainnya.

Banjir musiman Amazon sudah menjadi bagian dari siklus reproduksi Ikan Arapaima itu. Selama air (Februari-April) arapaimas membangun sarang dan betina bertelur. Muda mulai menetas saat tingkat ketinggian air meningkat menyediakan mereka dengan kondisi banjir di mana untuk berkembang. Ikan jantan dewasa memainkan peran reproduksi yang tidak biasa dengan menginkubasi puluhan ribu telur di mulut mereka, menjaga mereka dan memindahkan mereka bila diperlukan.


Sementara habitat ikan ini relatif tanpa gangguan, overfishing telah menjadi masalah serius, dan beberapa pihak berwenang Amerika Selatan telah berusaha untuk memberlakukan perlindungan.



Sumber : http://environment.nationalgeographic.com
Sekian, terimakasih atas kunjungannya, salam nyeloteh ikan

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih atas komentarnya.

Ada kesalahan di dalam gadget ini