Tips Merawat Ikan Hias


Ikan apa ini? cantik bukan.. Yap, ni ikan arwana, tepatnya arwana merah, dalam bahasa latin bernama Scleopages sp red. Siapa sih yang tidak suka dengan ikan ini, ikan ini banyak sekali peminatnya terutama bagi orang borjuis, yang punya banyak uang gitu. Hmm..mahal ya? tentu. Harga ikan ini dipasaran sekitar 6 juta, yah tergantung besar, kualitas warna sisik dan umurnya sih.

"Saya mau memelihara tapi ada takut kalau tiba-tiba mati, melayang deh uangku". Semua pasti ada resikonya, ketakutan kamu bisa diminimalisir.. "Ups, kenapa diminimalisir ya? masih ada kemungkinan mati dong". Karena saya tidak mau menyaingi ketentuan Allah, karena Dialah yang menentukan segalanya terutama mati hidup makhluknya. Ikan tidak lama hidupnya atau cepat mati karena beberapa faktor diantaranya kualitas air dan cara pemberian makan yang tidak cocok. "Terus bagaimana cara merawat ikan yang benar?" Berikut Tips merawat ikan yang benar:

1. Cari informasi sebanyak mungkin sebelum membeli ikan. Perhatikan faktor-faktor berikut:
  • Seberapa besar ikan tersebut bila dewasa dan apakah Anda mempunyai akuarium yang cukup besar untuk mengakomodasi ukuran tubuh ikan setelah dewasa.
  • Cari tahu mengenai suhu air, rentang pH dan sebagainya.
  • Jenis makanan ikan.
  • Temperamen spesies ikan hias. Apakah spesies tertentu cocok untuk disatukan dengan jenis ikan yang sudah Anda miliki atau ingin Anda pelihara di masa mendatang.
  • Apakah spesies yang akan Anda pelihara mampu berkembang biak dengan cepat? Apakah anda memiliki peralatan pada saat ikan berkembang biak?
  • Apakah ikan yang akan dibeli rentan terhadap penyakit tertentu?
2. Belilah akuarium sebesar mungkin sesuai dengan anggaran dan ruang yang Anda miliki. Akuarium yang besar menyebabkan air dalam akuarium lebih stabil. Sebagai contoh, bila pemanas suhu rusak, dan toko-toko Jual Ikan sudah tutup, suhu air akan lebih stabil dalam akuarium yang besar.

3. Pelajari tentang siklus nitrogen dalam akuarium.

4. Pelajari peralatan akuarium.

5. Belilah buku-buku tentang ikan hias.

6. Sediakan banyak tempat bersembunyi bagi ikan. Tempat bersembunyi akan menjadi tempat pengungsian ikan dan akan menurunkan level stress ikan.

7. Beli test kit air akuarium untuk memonitor siklus nitrogen akuarium. Anda dapat membeli test kit untuk menguji kadar amonia, nitrit, nitrat dan pH. Anda juga harus menguji air ledeng bila menggunakan air PAM.

8. Jangan meletakkan akuarium di dekat jendela. Cahaya matahari yang memasuki akuarium akan menyebabkan ledakan ganggang hijau. Sinar matahari langsung juga akan menyebabkan suhu air dalam akuarium meningkat.

9. Jangan mengikuti aturan 1 inch ikan per 1 galon air. Aturan yang lebih baik adalah 1 inch ikan per 2-3 galon air.

10. Lakukan deklorinasi air ledeng sebelum dimasukkan ke dalam akuarium.

11. Beli filter akuarium yang memiliki beberapa cartridge, sehingga anda bisa mengganti salah satu bila sudah kotor.

12. Jangan membilas filter dengan air ledeng. Gunakan air dalam akuarium yang sudah Anda saring saat mengganti air ikan hias. Klorin dan kloramin dalam air ledeng akan membunuh bakteri penghilang nitrit dan nitrat dalam filter.


Sumber: http://inilahblog.com/
Semoga artikel ini bermanfaat, salam laksana

4 komentar:

  1. pengen dech pelihara arwana, bsa di praktekin ne tipz~Y..
    thank'Z...

    BalasHapus
  2. waah arwananya warna merah, jenis apa yah namanya?

    BalasHapus

Terimakasih atas komentarnya.

Ada kesalahan di dalam gadget ini